I. Mendatar
Berikut pertanyaan mendatar:
1. Kemampuan suatu negara untuk memproduksi barang atau jasa dengan biaya produksi yang lebih murah dibandingkan negara lain
4. Kebijakan pemerintah untuk melindungi produsen dalam negeri dari persaingan barang-barang impor
5. Suatu negara mengkhususkan pada produksi barang tertentu yang memiliki keuntungan
11. Kebijakan suatu negara menjual barang tertentu di luar negeri dengan harga lebih murah daripada di dalam negeri
12. Kegiatan memasukkan atau membeli barang dari luar negeri
13. Kebijakan pemerintah untuk membatasi jumlah ekspor dan impor pada periode tertentu
14. Kemampuan suatu negara untuk memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain
15. Salah satu manfaat perdagangan internasional di bidang sosial
17. Orang atau lembaga yang mendatangkan barang dari luar negeri
18. Kegiatan mengirimkan atau menjual barang ke luar negeri
19. Pemanfaatan sumber daya secara berlebihan demi mengejar keuntungan semata
20. Bea atau pembenan biaya atas barang-barang yang melintasi daerah pabean
II. Menurun
Berikut pertanyaan menurun:
2. Proses pertukaran barang dan jasa
3. Pungutan sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu oleh pemerintah kepada orang pribadi atau badan
6. Kemampuan suatu negara untuk memproduksi barang atau jasa dengan biaya produksi yang lebih murah dibandingkan negara lain
7. Suatu keadaan dimana kehidupan ekonomi suatu negara mengandalkan ekonomi negara lain
8. Merupakan dampak negatif perdagangan internasional yaitu suatu paham terhadap gaya hidup yang menganggap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan dan kesenangan
9. Sumber daya yang dikuasai suatu negara sehingga memiliki keunggulan komparatif
10. Yang dilakukan pelaku ekonomi untuk dapat bersaing dalam perdagangan internasional
16. Valuta asing atau alat pembayaran internasional
B. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi Teka Teki Silang Materi Perdagangan Internasional
Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 20 kunci jawaban masing-masing 12 mendatar dan 8 menurun maka skornya menjadi 20. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 20 ) x 100
Silahkan download perangkat TTS beserta kunci jawabannya: Di sini!
Post a Comment
Post a Comment