Pengunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

LKPD TTS Materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif Kelas 9

1 comment

A. Form Teka Teki Silang Materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif

I. Mendatar
Berikut pertanyaan mendatar:

2. Tujuan utama pemerintah melakukan upaya-upaya meningkatkan ekonomi kreatif
5. Di Indonesia budaya berpotensi sebagai bahan baku atau modal ekonomi kreatif karena budaya Indonesia terdapat ....
10. Pawai dalam rangka pesta perayaan dan mengetengahkan berbagai hasil inovasi kepada masyarakat
12. Peranti lunak, dapat berupa sistem pengolahan data dan pengembangan database
14. Usaha inovasi yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi, serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut guna perbaikan produk dan kreasi produk baru
16. Pesta rakyat atau pekan raya gembira dalam rangka memperingati peristiwa penting dan bersejarah, diselenggarakan sebagai wahana mempromosikan ekonomi kreatif
17. Kegiatan yang berkaian dengan kreasi desain pakaian
23. Subsektor ekonomi kreatif berupa kegiatan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital
25. Memiliki sifat bersaing untuk merebut posisi terbaik dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat tertentu
27. Subsektor ekonomi kreatif yang menghasilkan produk konkret berbahan baku batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, bambu, kayu, rotan, logam, kaca, porselen, kain, marmer, tanah liat, dan kapur
28. Subsektor ekonomi kreatif yang berkaitan dengan kreasi rancangan grafis, interior, jasa riset pemasaran, serta produksi kemasan dan jasa pengepakan
29. Kegiatan membangun dan membesarkan citra dan identitas sebuah merek yang sedia ada
30. Orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan, dan mengambil tindakan yang tepat, serta memastikan keberhasilan



II. Menurun
Berikut pertanyaan menurun:

1. Sistem ekonomi Indonesia yang menyediakan ruang bagi masyarakat untuk aktif dalam kegiatan ekonomi
3. Ekonomi Kreatif
4. Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya (Supriadi, 2001:7)
6. Mengenalkan sesuatu yang bersifat baru
7. Industri kreatif dalam bidang usaha memproduksi dan mengemas siaran televisi maupun radio
8. Pasar di Solo yang terkenal dengan produk batiknya sehingga banyak dikunjungi masyarakat daerah lain dan mancanegara untuk berbelanja
9. Sektor industri kreatif yang paling banyak menyerap tenaga kerja
11. Usaha pengembangan konten dan produksi pertunjukkan
13. Program pemerintah meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif melalui kerjasama dengan institusi tertentu misalnya kegiatan capacity building, Training of trailer (ToT), dan lain-lain
15. Bentuk pemberian pemerintah untuk mendorong kreatifivitas dan inovasi bagi pelaku industri kreatif misalnya dengan pengurangan hingga pembebasan pajak
18. Kegiatan ekonomi kreatif yang berkaitan dengan jasa riset pasar, pemasangan berbagai poster, dan gambar penyebaran selebaran, pamflet , edaran, brosur, dan media reklame
19. Subsektor ekonomi kreatif yang berkaitan dengan desain bangunan meliputi kegiatan perencanaan, konservasi, ataupun pengawasan konstruksi
20. Ruangan atau gedung yang digunakan sebagai sarana memasarkan berbagai hasil karya seni
21. Salah satu kegiatan pokok Pekan Produk Kreatif Indonesia ( PPKI) berbentuk acara konferensi tokoh masyarakat dengan tujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan produk industri kreatif
22. Subsektor ekonomi kreatif berupa permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan pendidikan
24. Hak Kekayaan Intelektual
26. Sumber daya/faktor produksi


B. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi Teka Teki Silang Materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif

Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:

Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 30 kunci jawaban masing-masing 13 mendatar dan 17 menurun maka skornya menjadi 30. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:

Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100

Silahkan download perangkat TTS beserta kunci jawabannya: Di sini!

Mr. Desbud
Mr. Desbud
Media Pembelajar - Berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, pelatihan, seputar dunia pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Related Posts

1 comment

Post a Comment